Tuesday, July 30, 2013

Studi dan Analisis Kelayakan Usaha

Studi dan Analisis kelayakan usaha - Dalam memulai usaha, setidaknya kita harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah analisis kelayakan usaha, dalam melakukan analisis kelayakan usaha kita akan melakukan pengujian terhadap usaha yang akan didirikan, yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha yang akan didirikan tersebut memang pantas atau layak untuk didirikan. Ya, layak atau tidak ? itulah salah satu pertanyaan ketika ingin memulai usaha, kita tidak maukan usaha yang telah kita dirikan dengan sekuat tenaga ternyata tidak sesuai dengan harapan kita karena usaha tersebut sebenarnya tidak layak untuk didirikan, untuk itulah analisis kelayakan usaha ini sangat penting untuk dilakukan saya rasa. Dalam melakukan analisis kelayakan usaha, kita akan melakukan pengujian terhadap beberapa hal, pengujian tersebut akan dilakukan terhadap biaya investasi, biaya modal kerja, dan pengujian terhadap prediksi kas masuk, serta sebagai tambahan kita juga dapat untuk mengetahui payback periodenya, jika nanti hasil dari pengujian pengujian tersebut dirasa layak untuk dilakukan, maka kita dapat mendirikan usaha yang telah direncanakan tersebut.

Biaya Investasi
Apa yang dimaksud dengan biaya investasi ? Biaya investasi merupakan biaya yang dibutuhkan untuk membiayai pendirian usaha hingga usaha tersebut benar-benar dapat berdiri, contoh nih, misalkan kita akan mendirikan sebuah usaha warung bakso, yang dimaksud dengan biaya investasi disini seperti biaya bangunan, biaya untuk membeli meja dan kursi, biaya untuk membeli kompor, biaya panci, dan biaya-biaya lainnya yang relatif tahan lama ( tidak sekali pakai).

Biaya Modal Kerja
Biaya modal kerja dan biaya investasi tentu saja berbeda, jika biaya investasi merupakan biaya yang dibutuhkan untuk pendirian usaha seperti yang telah saya sebutkan diatas, lain jika biaya modal kerja, biaya modal kerja sendiri merupakan biaya yang dibutuhkan untuk membiayai operasi usaha yang didirikan hingga usaha tersebut benar-benar dapat beroperasi, contoh nih, kita ambil contoh sebelumnya bahwa kita akan mendirikan usaha warung bakso, yang dimaksud dengan biaya modal kerja disini seperti biaya daging sapi untuk membuat baksonya, merica dan sebagainya untuk bumbu, bakmi, gula, dan biaya-biaya lainnya yang relatif sekali pakai.

Prediksi Kas Masuk
Setelah kita menganalisis biaya investasi yang dibutuhkan dan biaya modal kerja yang dibutuhkan, selanjutnya kita perlu menganalisis prediksi kas masuknya untuk mengetahui apakah usaha yang akan dijalankan akan mengalami keuntungan atau malah mengalami kerugian. Sederhana saja, yang perlu kita lakukan untuk pengujian prediksi kas masuk ini kita hanya perlu menghitung semua biaya dalam satu bulan, atau satu minggu, atau bisa juga dalam satu hari, setelah itu kita juga harus menghitung pendapatan yang diperoleh dalam satu bulan, atau satu minggu, atau dalam satu hari, kemudian pendapatan yang diperoleh tersebut kita kurangkan dengan dengan semua biaya yang telah terjadi.


Sedangkan untuk mengetahui payback periodenya, kita hanya perlu membagi total biaya investasi yang dibutuhkan dengan laba bersih yang dapat kita peroleh dengan melihat dari hasil pengujian prediksi kas masuk tersebut.
Namun, yang juga perlu diperhatikan selain point-point studi dan analisis kelayakan usaha diatas, sebagai seorang muslim saya mengingatkan untuk menganalisis kelayakan usaha dari segi islam juga, apakah usaha yang akan didirikan tersebut mematuhi hukum-hukum islam, halal atau haram ? Yah, itulah sekedar pengingatan dari saya yang juga seorang muslim, semoga dapat digunakan sebagai pertimbangan pula dalam menganalisis kelayakan usaha.

Terimakasih anda telah membaca artikel saya tentang studi dan analisis kelayakan usaha.

DOWNLOAD CONTOH STUDI DAN ANALISIS KELAYAKAN USAHA

1 comments:

abdul rahman said...

saya ga bisa download mas klo boleh kirim lewat email ya..
adooelsilvers@gmail.com

manfaat sekali tulisannya.. :)
trimakasih..

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Terimakasih atas komentar anda