Wednesday, July 17, 2013

Cara Mendapatkan Modal Usaha ! Cara Memperoleh Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha ! Cara Memperoleh Modal Usaha- Ketika seseorang ingin mendirikan usaha lazimnya orang tersebut akan membutuhkan sebuah modal, baik itu modal uang, modal tenaga, ataupun modal waktu, dalam artikel saya kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mendapatkan modal usaha.
Ada beberapa cara memperoleh modal usaha, diantarannya adalah sebagai berikut :
Cara mendapatkan modal usaha atau cara memperoleh modal usaha yang pertama adalah :
1. Modal dari tabungan

cara mendapatkan modal yang satu ini mungkin cara yang paling mudah dilakukan, tapi mungkin juga yang paling sulit dilakukan, mudah dilakukan ketika seseorang itu memang memiliki tabungan, tak perlu cari modal usaha sana sini, tinggal ambil dari tabungan saja, tapi itu juga memiliki resiko, bisa diperhatikan ketika seseorang merasa mudah untuk mendapatkan modal usaha dari tabungan sendiri, kemungkinan akan cenderung tidak takut akan kehilangan dan merasa tidak memiliki tanggung jawab terhadap modal tersebut, berbeda dengan orang yang memperoleh modal usaha bukan dari tabungannya sendiri, mungkin orang tersebut akan merasa lebih takut kehilangan dan merasa memiliki tanggung jawab terhadap modal yang diperoleh tersebut, karena dia ingin memanfaatkan modal yang ada semaksimal mungkin.

Cara mendapatkan modal usaha atau cara memperoleh modal usaha yang kedua adalah :
2. Hutang berbasis syariah

Cara mendapatkan modal dengan hutang berbasiskan syariah ini tidak harus mencari investornya dipasar modal, cukup dengan mencari hutang kepada orang-orang terdekat saja, bisa kepada temen, kepada orang tua, atau bisa juga kepada saudara-saudara, dan tentu saja kita tidak boleh lupa untuk mengembalikan hutang tersebut beserta keuntungannya kepada pihak yang memberikan pinjaman tersebut, tentu saja menggunakan metode syariah. Kenapa harus syariah ? ya, sebagai seorang muslim kita harus memisahkan mana yang salah dan mana yang benar, mana yang boleh dan mana yang dilarangkan gan...

Cara mendapatkan modal usaha atau cara memperoleh modal usaha yang ketiga adalah :
3. Modal dari saham

Cara mendapatkan modal melalui saham ini juga tidak harus melalui pasar modal, kita bisa kok memanfaatkan orang-oarang yang ada disekitar kita, seperti temen, saudara, atau orang tua, kita bisa menawari mereka untuk berinvestasi diusaha yang akan kita dirikan dengan persentase kepemilikan dan keuntungan tergantung dengan modal yang disetor kepada kita.
Contoh, untuk mendirikan usaha, anda memerlukan modal sebesar Rp. 1.000.000, tapi anda hanya memiliki modal sebesar Rp. 500.000, kemudian anda menawarkan kepada 5 temen anda untuk berinvestasi di usaha yang akan didirikan, kelima temen anda semuanya sepakat untuk berinvestasi dengan menyetor uang sebesar Rp. 100.000 untuk masing-masing orang, nah disini anda memiliki persentase kepemilikan dan keuntungan sebesar 50%, sedangkan temen-temen anda masing-masing memiliki persentase kepemilikan dan keuntungan sebesar 10%

500.000        x 100% = 50%

1.000.000
100.000        x 100% = 10%

1.000.000 

Cara mendapatkan modal usaha atau cara memperoleh modal usaha yang keempat adalah :
4. Modal dari pinjaman

cara mendapatkan modal usaha dari pinjaman yang saya maksud ini hampir sama dengan cara memperoleh modal usaha dari hutang bersasis syariah, tapi cara mendapatkan modal usaha ini bukan dari temen, saudara, ataupun dari orang tua, melainkan dari bank, kalau saya pribadi nih gan, kalau harus meminjam uang dibank, kemungkinan besar saya akan meminjam dari bank syariah, kenapa ? ya, seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa sebagai seorang muslim, kita harus membedakan mana yang salah dan mana yang benar serta mana yang boleh dan mana yang dilarang.
Seperti yang saya ketahui jika kita meminjam uang di bank konvensional terdapat unsur ribanya dan itu dilarang, sedangkan di bank syariah insyaALLAH sudah sesuai dengan hukum atau aturan islam. Sedikit pembahasan mengenai agama, sebagai pengingat untuk umat islam.

Dari 4 cara mendapatkan modal usaha atau cara memperoleh modal usaha diatas semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, jika ada tambahan, kritik atau saran silahkan memberikan komentar. mohon maaf untuk semua kesalahan dan kebodohan saya. Terimakasih.

7 comments:

Ajeng Ritanita Nur Widiati said...

Jazakallah penjelasannya, terutama untuk terus mengingatkan pada pelaksanaan secara syariah.
Keep share! :)

agus irwansyah said...

saya butuh dana usaha klau ad yg bantu hbungin no.hp 081347252435

Anonymous said...

kemari cara dapetin modal usaha yang cepet dan gak ribet tapi inget jangan ketagihan http://goo.gl/4vk9Gm

encis albanie said...

Mf ap ada dana. saya btuh banget untuk bntu Klrg saya..apapun saya lakukan kalau mash sesuai syariah.. (08562518949)

Katalog Silmicollection said...

mas, bagus banget penjelasannya, detil, tapi klo boleh menambahkan, modal sendiri bisa juga kita dapatkan dari menjual barang-barang pribadi, misal menjual jaket, sepatu dll.. kemudian di pakai buat usaha. kenapa disarankan modal sendiri, karena kalau kita pemula, kemungkinan gagal akan besar, nah saat kita mulai dengan menjual barang-barang kita untuk modal, saat gagal, kita dapat pengalaman, tapi tidak kehilangan kepercayaan dari orang sekitar kita. Setelah dapat pengalaman, dan usaha jalan, baru kita bisa ajak kerjasama orang sekitar kita..

adzkia sweat said...

artikel yang sangat menginspirasi saya sebagai pengusaha kecil (rompi rajut anak).
semoga siapa saja membaca artikel ini dapat mengerti rambu2 atau batasan2 Islam Tentang Haramnya Riba Dan Lebih Berhati2 di Dalam "PerHiasan Dunia"

Anita charles said...

Have you been looking for urgent financial assistance? You need an urgent loan to pay the existing bills and debts? You are looking for home business and personal loans, contact us now with the info below.

Your Name:
state:
Loan Amount:
duration:
job:
The purpose of the loan?
Phone Number:

Note: All responses must be forward Contact us now via: anitacharlesloancompany@gmail.com Thank you for coming.

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Terimakasih atas komentar anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes