Sunday, November 17, 2013

Contoh Surat Pengaduan : Contoh Surat Komplain

Contoh surat pengaduan: Contoh surat komplain – Sebelumnya saya sudah membahas mengenai surat good news dan bad news beserta contohnya. Jika kalian belum tahu apa itu surat good news dan bad news, silahkan baca terlebih dahulu untuk menambah wawasan anda. Kali ini saya akan membahas mengenai surat pengaduan atau bisa juga disebut sebagai surat komplain, dan tentu saja beserta contohnya.

Sebelum memberikan contoh surat pengaduan : contoh surat komplain, terlebih dahulu saya jelaskan maksud dari surat pengaduan/komplain. Seperti namanya, surat komplain/pengaduan adalah surat yang digunakan untuk mengadukan atau komplain sesuatu hal kepada pihak tertentu, baik itu karena kesalahan pihak lain, ataupun karena hal-hal tertentu yang membuat anda merasa tidak “srekk”.

Berikut ini adalah contoh surat pengaduan : contoh surat komplain


No    : 10/TT/IV/2013                      17 November 2013
Hal    : Komplain produk

Yth. Kepala Divisi Penjualan PT PEN ABADI
Jl. Merdeka Raya No. 112
Yogyakarta

Dengan hormat,
Kami telah mengembalikan sepatu dan celana yang kami beli pada tanggal 13 November 2013. Sepatu dan celana tersebut tidak sesuai dengan ukuran yang kami pesan.

Kami mohon agar segera dikirimkan kembali sepatu dan celana yang sesuai dengan ukuran yang telah kami pesan. Terimakasih.


Hormat kami,


Agung Mujtaba



Perlu di ingat disini, bahwa dalam penulisan surat pengaduan atau surat komplain haruslah langsung pada intinya tanpa ada basa-basi, seperti yang saya contohkan diatas. Namun jangan terlalu pendek juga, harus mencakup 1. Maksud surat, 2. Situasi yang terjadi, dan 3. Solusi yang anda inginkan.

Dalam contoh surat pengaduan : contoh surat komplain yang saya berikan diatas, maksud dari surat tersebut adalah pengembalian produk, situasi yang terjadi adalah pesanan tidak sesuai dengan yang dipesan, dan solusi yang diinginkan adalah pengiriman kembali produk sesuai dengan pesanan.

Baik, saya kira cukup sampai disini penjelasan dari saya, semoga bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan yang terjadi. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Terimakasih atas komentar anda