Tuesday, August 6, 2013

Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan - sebagian pihak merasa perlu untuk melakukan analisis laporan keuangan suatu perusahaan, seperti para pihak investor dan para pihak kreditor. Para pihak kreditor mungkin melihat laporan keuangan perusahaan dan menganalisisnya untuk melihat bagaimana kondisi kesehatan perusahaan, sedangkan untuk pihak investor tentu saja untuk melihat apakah layak perusahaan tersebut untuk diinvestasi. Dalam kesempatan kali ini, dengan artikel saya tentang analisis laporan keuangan , saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai bagaimana menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan. Dalam melakukan analisis laporan keuangan yang akan saya berikan, saya akan menggunakan neraca dan laporan laba-rugi, serta sebagian hanya menggunakan salah satunya, dan sebagian juga ditambah dengan informasi lainnya.

Analisis Rasio
Dalam melakukan analisis laporan keuangan dengan menggunakan analisis rasio sebenarnya terdapat lima rasio yang dapat digunakan, namun dalam artikel saya kali ini saya hanya akan menggunakan empat rasio, yaitu likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas.

DOWNLOAD CONTOH ANALISIS RASIO

Analisis Sumber dan Penggunaan Kas
Dalam melakukan analisis laporan keuangan dengan menggunakan analisis sumber dan penggunaan kas, kita harus memisahkan pos-pos yang termasuk sumber kas dan yang termasuk penggunaan kas. Perhatian disini adalah bahwa jika kita salah dalam menggolongkan/memisahkan sumber atau penggunaan kas, risiko yang dihadapi adalah analisis yang dihasilkan juga akan salah.

DOWNLOAD CONTOH ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN KAS

Analisis Laporan Perubahan Posisi Keuangan Berbasis Modal Kerja
Sebenarnya dalam melakukan analisis ini terdapat tiga metode, yaitu metode visual, metode worksheet (lima kolom dan tiga kolom), dan metode rekening T , namun dalam analisis yang akan saya berikan saya hanya akan menggunakan metode visual (langsung).

DOWNLOAD CONTOH ANALISISNYA

Terimakasih, anda telah membaca artikel saya yang membahas bagaimana melakukan analisis laporan keuangan. Saya sebagai penulis menyadari bahwa pembahasan yang saya berikan diatas belumlah lengkap, maka dari itu saya menyarankan kepada para pembaca untuk mencari referensi-referensi lainnya yang membahas mengenai analisis laporan keuangan, guna untuk memperlengkap pengetahuan mengenai pembahasan dari artikel ini.
Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan apapun dalam penulisan artikel ini, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kritik, saran, dan tambahan dapat anda sampaikan dengan berkomentar.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Terimakasih atas komentar anda