Tuesday, June 11, 2013

Pengertian Anggaran Sektor Publik! Fungsi, Prinsip, dan Jenis Anggaran Sektor Publik

Segala puji bagi ALLAH SWT yang telah memberikan kesempatan kepada saya selaku pemilik blog ini untuk kembali berbagi ilmu kepada kalian kalian semuanya. Dalam artikel saya kali ini , saya akan berbagi kepada para pembaca artikel yang berjudul pengertian anggaran sektor publik! fungsi, prinsip, dan jenis anggaran sektor publik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua....

Pengertian Anggaran Sektor Publik
Anggaran sektor publik adalah suatu rencana kerja yang dibuat dan digunakan oleh pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang dinyatakan dalam bentuk ukuran financial, yang memuat informasi mengenai pendapatan, belanja, aktivitas, dan pembiayaan, dalam satuan moneter.
Dari penjelasan saya diatas, yaitu dibuat dan digunakan oleh pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, ini menunjukkana bahwa yang namanya anggaran sektor publik memang khusus untuk pemerintah, dan menurut saya termasuk juga BUMN dan BUMD.

Fungsi Anggaran Sektor Publik
Sesuatu yang dibuat alangkah indahnya jika memiliki fungsi, tidak seperti hal hal lain yang tidak memiliki guna dan fungsi, anggaran sektor publik memiliki fungsi yang cukup baik, salah satunya adalah sebagai alat perencanaan, sebagai alat pengendalian, sebagai alat penilaian kinerja, dan lain lain.

Pentingnya Anggaran Sektor Publik
Adanya anggaran sektor publik merupakan hal yang sangat penting sekali, dibawah ini adalah alasan pentingnya harus dibuat anggaran sektor publik, salah satunya adalah sebagai berikut :
  1. Bentuk tanggungjawab pemerintah kepada rakyatnya
  2. Kebutuhan ataupun keperkuan masyarakat tidak terbatas, malah berkembang dan sumber daya terbatas, maka anggaran sangat dibutuhkan
  3. Alat untuk mengarahkan pembangunan, juga
  4. Untuk menaikkan tingkat kualitas hidup masyarakat
  5. Dan hal hal lainnya.
Prinsip Prinsip Anggaran Sektor Publik
Tidak main main, anggaran sektor publikpun memiliki prinsip, dibawah ini adalah beberapa hal yang menjadi prinsip anggaran sektor publik, salah satunya adalah sebagai berikut, yaitu :
  1. Publik harus mengetahuinya
  2. Jelas dan Akurat
  3. Komprehensif, dan juga
  4. Periodik
  5. Dan lain lain
Sebenarnya masih ada beberapa hal yang menjadi prinsup anggaran sektor publik, tapi mohon maaf ya jika saya tidak menyebutkannya.. hhehehe

Jenis Jenis Anggaran Sektor Publik
Secara garis besar anggaran sektor publik memiliki dua jenis, yaitu anggaran tradisional dan anggaran NPM (New Public Management )

Anggaran Tradisional
Anggaran tradisional bersifat line item serta incrementalism, anggaran berfokus pada pertanggungjawaban yang terpusat dan pengawasan yang terpusat, serta dalam hal besarnya penambahan atau pengurangan jumlah yang akan dianggarkan hanya menggunakan data tahun sebelumnya untuk menambah atau mengurangi jumlahnya tanpa ada kajian yang mendalam.
New Public Management
Jika anggaran tradisional berfokus pada berfokus pada pengawasan dan pertanggungjawaban yang terpusat, lain jika new public management, karena anggaran ini fokusnya pada kinerja organisasi. Dalam New Public Management telah berkembang beberapa pendekatan, seperti pemdekatan PPBS (Planning, programming & budgeting system ), ZBB ( Zero based budgeting ), dan teknik anggaran kinerja atau performance budgeting

Terimakasih atas perhatiannya. semoga bermanfaat. amien.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Terimakasih atas komentar anda