Thursday, May 2, 2013

Obligasi Konvertibel

Dalam kesempatan yang saya kira cukup baik ini, saya selaku pemilik blog ingin berbagi kepada para sobat semuannya mengenai Obligasi Konvertibel.


Obligasi Konvertibel
kira kira apa yang ada dibenak para pembaca jika mendengar kata obligasi konvertibel! mungkin kata obligasilah yang sudah tidak asing lagi, apalagi untuk para ekonom, sudah umum sekali saya rasa. Lalu bagaimana dengan obligasi konvertibel, pernahkah pembaca mendengar kata tersebut? untuk yang belum selahkan kalian baca baca artikel ini, bagi yang sudah boleh menambahkan dikomentar atau mengkritik juga boleh, silahkan saja ! Oke, kita langsung saja pada pengertian atau definisi obligasi konvertibel, Obligasi Konvertibel merupakan obligasi yang dapat ditukarkan atau dikonversi dengan suatu sekuritas di dalam suatu perusahaan. Jadi ketika seseorang memegang sebuah obligasi milik suatu perusahaan, maka orang tersebut dapat menukarnya dengan sekuritas, seperti saham. Investor akan menukarkan obligasi ini dengan saham ketika saham perusahaan meningkat secara signifikan, tentu saja selain karena faktor keuntungan juga karena saham sangat menarik untuk dimiliki.
Untuk mengilustrasikannya, asumsikan bahwa perusahaan anda menerbitkan obligasi konvertibel senilai 1.000.000 yang memiliki premi 6.000 yang dapat ditukarkan dengan 100 lembar saham biasa pada nilai pari 1.000. ketika saat penukaran, premi obligasi yang belum dibayarkan 5.000. maka ayat jurnal untuk penukaran tersebut adalah sebagai berikut
 
      Hutang obligasi                                                  1.000.000
      Premi atas hutang obligasi                                   5.000
          Saham biasa                                                         100.000
          Agio saham                                                           905.000


Saham Preferen Konvertibel
Setelah diatas dijelaskan apa itu obligasi konvertibel, sekarang kita bahas sedikit mengenai apa itu saham preferen konvertibel. Saham Preferen Konvertibel adalah sebuah saham preferen yang dapat ditukar atau dikonversi menjadi saham biasa.
sebagai contoh, anda sebagai pemegang saham preferen konvertibel 500 lembar pada nilai pari Rp.2, premi 300 menukarkan dengan saham biasa 500 lembar pada nilai pari Rp. 3. maka ayat jurnalnya sebagai berikut

      Saham preferen konvertibel                                  1.000
      Agio saham                                                          300
      Laba ditahan                                                        200
           Saham biasa                                                             1.500


Sekian dulu artikel yang dapat saya bagi, semoga bermanfaat untuk semuanya.
Terimakasihh atas perhatian dan kesediaannya untuk membaca artikel saya,. jika ada yang ingin ditambahkan atau saran atau kritik silahkan berkomentar. sekali lagi terimakasih.

1 comments:

Reachschools said...

Informasiini berguna sekali. Terus kalo cara belinya gimana ya?bagaimana dengan resiko investasinya?

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Terimakasih atas komentar anda